The Effect of Early Childhood Health Education on Optimizing the Role of Mothers in Primary Prevention of Sexual Violence in Children

  • Ririn Handayani STIKES dr. Soebandi Jember
  • Melati Puspita Sari STIKES dr. Soebandi Jember

Abstract

Tingginya kasus kekerasan seksual pada anak (child abuse) menunjukkan pentingnya akan pemahaman orang tua tentang pendidikan seks usia dini. Masalah pendidikan seks kurang diperhatikan orang tua pada saat ini sehingga mereka menyerahkan semua pendidikan, termasuk pendidikan seks pada sekolah. Padahal yang bertanggung jawab mengajarkan pendidikan seks di usia dini adalah orang tua, sedangkan sekolah hanya sebagai pelengkap dalam memberikan informasi kepada si anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan seks pada anak usia dini terhadap optimalisasi peran orang tua dalam pencegahan primer kekerasan seksual pada anak usia dini.

Desain pada penelitian ini menggunakan metode One Group Pretest-Posttest dengan uji statistik paired t test. Hasil dari penelitian didapatkan p value uji T yaitu 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara peran orang tua dalam melakukan pencegahan primer kekerasan seksual pada anak sebelum dan setelah diberi perlakuan.

Peran orang tua sangat strategis dalam mengenalkan pendidikan seks sejak dini kepada anak, hal ini sejalan dengan adanya penelitian ini yang mampu memberikan gambaran pemahaman yang lebih kepada orang tua dalam melakukan pencegahan primer kekerasan seksual pada anak usia dini.

Kata kunci : Pendidikan, Seks, Anak Uusia Dini, Peran orang tua

Published
2020-04-11
How to Cite
Handayani, R., & Puspita Sari, M. (2020). The Effect of Early Childhood Health Education on Optimizing the Role of Mothers in Primary Prevention of Sexual Violence in Children. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(1), 1-4. https://doi.org/10.36858/jkds.v8i1.152